Profil Kiai Zarkasyi, Peraih Kalpataru 2021 Dari Kalsel

  • Share

Wasaka News – Kabar menggembirakan bagi warga banua, warga Kalsel, karena salah satu Tokoh di Kalsel meneriman Anugerah Kalpataru Tahun 2021.

Beliau adalah TGB KH Zarkasyi Hasbi, Lc Pimpinan Pondok Pesantren Darul Hijrah Putra, yang berhasil meraih anugerah Kalpataru 2021 kategori Pembina Lingkungan.

Anugerah Kalpataru 2021 diserahkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya pada Penganugerahan Kalpataru 2021 yang digelar secara virtual dan faktual, di Manggala Wanabakti, Jakarta, Kamis (14/10/2021).

Anugerah Kalpataru merupakan Apresiasi tertinggi untuk pejuang lingkungan hidup, yang diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sejak tahun 1981.

Anugerah Kalpataru merupakan penghargaan bagi individu atau kelompok yang dinilai berjasa dalam merintis, mengabdi, menyelamatkan, dan membina upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan.

Berikut Profil Kiai Zarkasyi, peraih Kalpataru 2021 dari Kalsel:

Kiai Zarkasyi merupakan Tuan guru kelahiran Banjarmasin tahun 1952, tepatnya di Sungai Jingah Banjarmasin.

Sebelum mendirikan Pondok Pesantren Darul Hijrah, Kiai Zarkasyi menimba ilmu di Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor. Kemudian meraih gelar sarjana muda di Institut Pendidikan Darussalam Gontor, kemudian melanjutkan pendidikan dan meraih gelar sarjana di Jamiyah Islamiyah Madinah (KSA).

Di tahun 1986 Kiai Zarkasyi mendirikan pesantren Darul Hijrah yang berlokasi di Desa Cindai Alus, Martapura Kab Banjar.

Saat ini Kiai Zarkasyi menjadi Pimpinan Pondok Pesantren Darul Hijrah Putra, Ponpes An-Najah Putri, dan Ponpes An-Najah Putra di Pulau Sari.

Selain itu, Kiai Zarkasyi juga dipercaya sebagai Pimpinan FKUB Kab Banjar, Ketua Tim Falakiyah Zona Kalimantan, dan Anggota Tim Falakiyah Kementerian Agama RI.

Kiai Zarkasyi juga dipercaya untuk menjadi Juri Hakim MTQ Bidang Tahfiz Our’an 30 Juz dengan tafsirnya berbahasa Arab, Indonesia, dan Inggris, Tingkat Kabupaten, dan Provinsi Kalimantan Selatan, sejak tahun 1990 – sekarang.

Serta Dewan Hakim MQK (Musabagah Qira’atul Kutub) bidang hadits tingkat wustha dan ulya, sebanyak 3 kali di Provinsi Kalimantan Selatan, dan 1 kali di tingkat Nasional.

Demikian profil singkat TGB KH Zarkasyi Hasbi, Ulama Banua peraih Anugerah Kalpataru Tahun 2021.(admin)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *