Menuju “Zero ODOL 2023” Kemenhub Gelar Normalisasi Kendaraan Angkutan Barang ODOL di Kalsel

  • Share

Wasaka News Banjar – Menuju “Zero ODOL 2023”, Kementerian Perhubungan menggelar normalisasi terhadap kendaraan angkutan barang yang terbukti melakukan pelanggaran over dimension over load (ODOL) di Kalsel.

Normalisasi terhadap kendaraan angkutan barang secara simbolis dilakukan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi, pada kegiatan Pekan Keselamtan Jalan 2021, Kamis (7/10/2021) di Terminal Tipe A Gambut Barakat KM 17.

Kegiatan normalisasi kendaraan angkutan barang dengan muatan dan dimensi berlebih atau Over Dimension Over Loading (ODOL), merupakan tindak lanjut dari upaya sosialisasi dan edukasi.

Tujuannya mewujudkan rencana aksi keselamatan kendaraan Zero ODOL Tahun 2023.

Dikatakan Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi, gerakan normalisasi kendaraan angkutan barang dengan muatan dan dimensi berlebih atau Over Dimension Over Loading (ODOL), tidak berhenti sampai di sini saja.

Kendaraan- kendaraan ODOL tersebut dapat merugikan banyak pihak, tidak hanya mengakibatkan korban jiwa, namun negara turut dirugikan dengan anggaran untuk perbaikan jalan yang rusak akibat banyak kendaraan yang ODOL.

Budi mengatakan berdasarkan keterangan Menteri PUPR, kerugian negara akibat truk ODOL mencapai Rp43 triliun.

Karena itu, ia meminta agar para pihak yang terlibat baik pelaku usaha, pemilik barang dan truk untuk bersama-sama dengan pemerintah agar mengamankan anggaran negara diakibatkan pelanggaran ODOL yang mengakibatkan kerusakan jalan sehingga dapat dialokasikan terhadap pembangunan – pembangunan lainnya.(admin)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *