Stok Oksigen di Kalsel Aman, Bisa Digunakan Untuk Industri Lagi

  • Share

WasakaNews Banjarmasin – Seiring kedatangan bantuan 4 Iso Tank Oksigen Liquid dari Kementerian Kesehatan pada Rabu (1/9/2021) lalu, membuat kebutuhan oksigen di Kalsel tetap terjaga dan untuk beberapa hari ke depan.

Amannya pasokan oksigen untuk medis di Kalsel, menjadi kabar baik bagi para pelaku industri di Kalsel, khusuanya mereka yang usahanya memerlukan oksigen.

Dikatakan Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor saat menyambut kedatangan 4 Iso Tank Oksigen di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, jika ada perusahaan yang memerlukan oksigen, stok yang ada bisa saja disalurkan sepanjang tidak mengurangi kebutuhan oksigen di rumah sakit untuk pasien covid-19.

“Penyediaan oksigen, tidak hanya berkaitan manusia dan kemanusiaan, tapi juga berkaitan dengan perekonomian,” ujar pria yang akrab disapa Paman Birin.

Paman Birin berharap, dengan adanya bantuan tambahan oksigen dari Kemenkes ini dapat membantu penanganan Covid-19 di Kalsel.

Sementara Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Kalsel yang juga Anggota Satgas Oksigen Kalsel, Mahyuni menambahkan, dengan jumlah pasokan oksigen yang ada, bisa mencukupi untuk kebutuhan hingga 10 hari.

“Besok datang lagi satu ISO tank dari Gresik dan dua ISO tank lainnya tanggal 3,untuk memperkuat cadangan oksigen kita. Dengan kedatangan ini, ketersediaan oksigen kita, aman” ujarnya.

Lebih lanjut Mahyuni mengatakan, dalam kondisi normal, kemampuan ketersediaan oksigen di Kalsel sekitar 2.700 tabung, sekitar 25 persen saja untuk rumah sakit. Namun beberapa pekan terakhir, pasokan oksigen diutamakan sepenuhnya untuk layanan kesehatan.

Dua pekan lalu, Kalsel juga telah menerima 80 ton oksigen yang didatangkan dari Konawe, Sulawesi Tenggara.

Seluruh oksigen yang datang, langsung dibongkar dan disalurkan ke beberapa rumah sakit rujukan Covid-19.(admin)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *