Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Way Sekampung Lampung

  • Share

WasakaNews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Way Sekampung di Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung pada Kamis, (2/9/2021).

Bendungan ini merupakan satu dari tiga belas proyek bendungan yang ditargetkan selesai dibangun tahun 2021.

“Alhamdulillah, hari ini, Bendungan Way Sekampung telah selesai dan siap difungsikan,” ucap Presiden Jokowi.

Lebih lanjut Jokowi mengtakan, bendungan Way Sekampung yang dibangun sejak 2016, menelan biaya Rp1,78 triliun, memiliki kapasitas tampung 68 juta meter kubik, dan luas genangan 800 hektare.

“Bendungan Way Sekampung yang dibangun sejak 2016 hari ini telah selesai dan siap difungsikan. Bendungan ini menelan biaya Rp1,78 triliun, memiliki kapasitas tampung 68 juta meter kubik, dan luas genangan 800 hektare,” kata Presiden Jokowi.

Dengan kapasitas besar itu, Bendungan Way Sekampung mampu mengairi 55.000 hektare daerah irigasi lama dan 17.500 hektar daerah irigasi baru. Keberadaannya akan menjaga ketersediaan air di salah satu lumbung pangan nasional tersebut.

Bendungan Way Sekampung diharapkan dapat menjaga kontinuitas ketersediaan air di Lampung sebagai salah satu lumbung pangan nasional, sekaligus meningkatkan intensitas tanam dari dua kali menjadi tiga kali setahun, dan meningkatkan kesejahteraan warga.

Selain untuk penyediaan irigasi, Bendungan Way Sekampung juga berfungsi sebagai penyedia air baku, pembangkit listrik, dan pengendali banjir.

“Bendungan ini juga jadi sumber air baku 2,737 liter per detik, bisa menjadi pembangkit listrik 5,4 megawatt, hingga pengendalian banjir,” tambahnya.(admin)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *