Perekonomian Kalsel Tumbuh 4,40% Di Triwulan II Tahun 2021

  • Share

wasakanews.com Banjarbaru – Kabar baik ditengah pandemi Covid-19, dimana perekonomian Kalimantan Selatan triwulan II tahun 2021 dibanding periode yang sama tahun sebelumnya (y-on-y) tumbuh sebesar 4,40 persen.

Kabar baik terkait pertumbuhan ekonomi di Kalsel disampaikan oleh Kepala BPS Provinsi Kalimantan Selatan, Yos Rusdiansyah dalam siaran persnya di BPS Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (05/08/2021).

Dikatakan Yos, Perekonomian Kalimantan Selatan berdasarkan besaran Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku triwulan II-2021 mencapai Rp 47,60 triliun dan atas dasar harga konstan 2010 mencapai Rp 33,65 triliun.

“Dari sisi produksi, lapangan usaha yang mengalami pertumbuhan tertinggi adalah lapangan usaha Jasa Kesehatan dan Kegiatan Sosial yang tumbuh sebesar 8,64 persen. Dari sisi pengeluaran, komponen yang mengalami pertumbuhan tertinggi adalah Konsumsi Pemerintah sebesar 8,61 persen,” ujarnya.

Lebih lanjit Yos mengatakan, Jika dibandingkan dengan triwulan sebelumnya (q-to-q), perekonomian Kalimantan Selatan pada triwulan II-2021 meningkat sebesar 5,49 persen.

“Dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh lapangan usaha Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan, yang tumbuh sebesar 32,26 persen. Dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh Komponen Pengeluaran Konsumsi Pemerintah sebesar 43,20 persen,” jelasnya.

Ditambahkan Yos, perekonomian Kalimantan Selatan sampai dengan triwulan II-2021 (c-to-c) tumbuh sebesar 1,57 persen. Dari sisi produksi, lapangan usaha yang mengalami pertumbuhan tertinggi dicapai oleh lapangan usaha Jasa Kesehatan dan Kegiatan Sosial yang tumbuh 7,78 persen. Dari sisi pengeluaran pertumbuhan tertinggi adalah Konsumsi Pemerintah, yaitu sebesar 3,29 persen.(admin)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *