Menilik Asrama Haji Pondok Gede Jakarta Timur “Disulap” Jadi RS Darurat Covid-19

  • Share

wasakanews.com Jakarta – Pemerintah terus menambah fasilitas kesehatan untuk menangangi masyarakat yang terinfeksi Covid-19, yang semakin hari semakin bertambah.

Terbaru, Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur dikonversi menjadi rumah sakit bagi penanganan pasien Covid-19.

Uniknya, dalam waktu yang singkat, yakni 5 hari, Asrama Haji Pondok Gede berhasil “disulap” jadi RS Darurat Covid-19 dan bisa digunakan mulai Sabtu, 10 Juli 2021.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meninjau langsung Rumah Sakit Darurat Covid-19, Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur, Jumat (9/72021).

“Saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Menteri Kesehatan, Menteri PUPR beserta seluruh jajarannya yang telah bekerja keras dalam waktu lima hari untuk menyiapkan Wisma Haji dikonversi menjadi rumah sakit,” ucap Presiden.

Asrama Haji Pondok Gede Jakarta Timur / foto: upt asrama haji embarkasi Jakarta

Adapun fasilitas RSD Covid-19 Asrama Haji Pondok Gede sudah siap untuk mendukung penanganan pasien Covid-19. Fasilitas di Asrama Haji Pondok Gede sama seperti RS.

Di Asrama Haji Pondok Gede tersebut, ada 5 gedung yang digunakan, yakni A-B,C, H dan D5 dengan 910 tempat tidur isolasi, termasuk 36 HCU (high care unit), disamping lebih dari 370 tempat tidur untuk tenaga kesehatan.

Selain di Asrama Haji Pondok Gede, Pemerintah juga telah menyiapkan sejumlah tempat untuk isolasi lainnya yaitu di Rumah Susun Nagrak sebanyak 2.273 tempat tidur dan di Rumah Susun Pasar Rumput sebanyak 5.952 tempat tidur.

Di samping itu, Pemerintah juga menambah kapasitas Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet sebanyak 1.200 tempat tidur untuk mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19.(admin / foto: BPMI Setpres)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *