Jembatan Alalak Banjarmasin Akan Rampung September 2021

  • Share

wasakanews.com Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyelesaikan pembangunan Jembatan Sei Alalak Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Pembangunan Jembatan Sei Alalak Banjarmasin direncanakan selesai pada September 2021.

Pembangunan jembatan sepanjang 850 meter yang menghubungkan Kota Banjarmasin dengan Kabupaten Barito Kuala, Provinsi Kalimantan Selatan, saat ini progres konstruksinya telah mencapai 90,30%.

Jembatan Sei Alalak Banjarmasin dibangun untuk menggantikan Jembatan Kayu Tangi 1 yang telah berusia sekitar 30 tahun dan menjadi jalur utama akses Kota Banjarmasin dengan berbagai wilayah di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

Pembangunan Jembatan Sei Alalak didesain untuk dapat dilintasi kendaraan dengan tonase maksimal 10 ton, lebih kuat dari struktur jembatan lama Kayu Tangi 1.

Adapun bentang utama jembatan Sei Alalak Banjarmasin dirancang dengan menggunakan cable-stayed sepanjang 130 meter, dengan struktur jembatan lengkung yang pertama kali digunakan di Indonesia.

Sementara jembatan pendekat yaitu struktur pileslab 125 meter, dan oprit jembatan dengan panjang 425 meter.

Pihak PUPR telah memperhitungkan kekuatan jembatan Sei Alalak Banjarmasin dengan konstruksi tahan gempa, dan masa layanan hingga 100 tahun.

Lingkup pekerjaan pembangunan jembatan itu meliputi bentang utama dengan struktur cable-stayed sepanjang 130 meter, jembatan pendekat yaitu struktur pileslab 125 meter, dan oprit jembatan dengan panjang 425 meter.

Penggantian jembatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kapasitas jaringan jalan di Provinsi Kalimantan Selatan yang berdampak pada meningkatnya pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.(admin)

Sumber: Kemen PUPR

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *