Italia Juara, Ronaldo Top Skor Euro 2020, dan Berikut Daftar Peraih Penghargaan Euro 2020 Lainnya

  • Share

wasakanews.com Hajatan akbar sepakbola terbesar se-Benua Eropa, yakni Euro 2020 telah berakhir.

Italia berhasil menjadi juara setelah mengalahkan Inggris lewat babak adu penalti di Wembley Stadium, London Minggu (11/7/2021) waktu setempat.

Tim besutan Reborto Mancini yang tampil apik sejak awal turnamen, akhirnya menjadi juara dengan mengalahkan Inggris melalui drama adu penalti dengan skor 3-2, setelah bermain imbang 1-1 di waktu normal dan babak tambahan waktu.

Selain Italia yang berhasil menjuarai ajang Euro untuk keduakalinya setelah meraih juara pada tahun 1968, ada juga beberapa penghargaan bagi individu Euro 2020, seperti golden boot atau pencetak gol terbanyak, pemain terbaik turnamen, pemain muda terbaik dan top assist Euro 2020.

Mega bintang Portugal, Cristiano Ronaldo berhasil meraih gelar top skor atau golden boot dengan raihan 5 gol dan 1 asist, hanya unggul perolehan asist dari penyerang Ceko, Patrik Schick yang juga mencetak 5 gol.

Meski timnya hanya berlaga hingga babak 16 besar, namun raihan gol Ronaldo tidak ada yang mampu melewatinya.

Sementara untuk pemain terbaik atau best player Euro 2020 diberikan kepada kiper baru PSG asal Italia, Gianluigi Donarrumma.

Kiper berusia 22 tahun tersebut tampil apik di bawah mistar Gli Azzurri setelah hanya kebobolan sebanyak 4 gol dari 7 pertandingan.

Bahkan di dua laga yang diakhiri dengan babak adu penalti, mantan kiper AC Milan tersebut berhasil bermain kokoh dan memberikan kemenangan bagi timnya.

Ketika Italia bersua Spanyol, Donarrumma berhasil lakukan 2 kali save. Sementara terbaru, kiper PSG tersebut berhasil lakukan 3 save, yang mensahkan Italia menjadi juara Euro 2020.

Berkat penampilan cemerlangnya di bawah mistar gawang Italia, Donarrumma berhasil meraih penghargaan sebagai pemain terbaik Euro 2020.

Penghargaan selanjutnya adalah pemain muda terbaik yang berhas diraih oleh pemain Spanyol, Pedri.

Pedri yang masih berusia 18 tahun, tercatat selalu bermain starter dalam 6 laga Spanyol di Euro 2020.

Posisinya di lini tengah Spanyol bahkan tak tergantikan selama 90 menit penuh.

Terakhir, penghargaan top assist jatuh kepada pemain asal Swiss Steven Zuber yang berhasil catatkan 4 kali assist di sepanjang Euro 2020 dalam 6 laganya.

Ia berhasil mengungguli 2 kandidat terdekat lainnya seperti Hojberg dan Luke Shaw.(admin)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *