Banjarmasin Terapkan PPKM Level 4, Petugas Diminta Humanis

  • Share

wasakanews.com Banjarmasin – Mulai hari Senin (26/07/2021), Kota Banjarmasin melaksanakan PPKM Level 4.

PPKM diberlakukan hingga tanggal 8 Agustus 2021, Sesuai Surat Edaran Nomor 440/02-P2P/Dinkes Kota Banjarmasin tentang Penetapan PPKM Level IV di Kota Banjarmasin.

Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina dalam keterangan persnya mengaku paham betul terkait kondisi masyarakat di tengah pandemi Covid-19, namin kebijakan harus diambil pemerintah menjamin keselamatan warga Kota Banjarmasin jangan sampai tertular Covid-19 lebih banyak lagi.

“Kita paham betul kondisi masyarakat kita memang susah sekali hari ini, tetapi bagaimana pun juga pemerintah tetap ingin menjamin keselamatan warganya, warga Kota Banjarmasin jangan sampai tertular Covid-19 ini,” katanya saat jumpa pers, Minggu (25/07/2021) di rumah dinasnya.

Baca Juga: Banjarmasin dan Banjarbaru Terapkan PPKM Level IV, Akankah Ada Layanan Telemedicine dan Paket Vitamin & Obat Gratis Bagi Isoman?

Terkait pelaksanaan PPKM Level IV yang dimulai Senin, 26 Juli 2021, pihaknya akan menyosialisasikan dengan cara yang humanis. Ibnu Sina berpesan agar seluruh petugas berlaku humanis kepada masyarakat.

“Saya ingatkan jangan sampai seperti yang viral di media sosial. Karena warga juga sedang kesulitan dan kita pun dilapangan sama-sama bisa juga tertular,” tegasnya.

Ibnu Sina menghendaki, saat bertugas nanti, petugas cukup memberikan teguran biasa dan mengingatkan masyarakat tentang adanya PPKM Level 4 dan protokol kesehatan yang harus dilaksanakan selama PPKM Level IV ini.

Terkait kondisi rumah sakitbdi Banjarmasin dalam menghadapi lonjakan kasus yang terjadi, pihaknya telah melakukan penambahan penyediaan ruang perawatan di rumah sakit.

Menurutnya, saat ini hampir seluruh rumah sakit di Banjarmasin telah menambahkan kapasitas ruang pelayanan rawat inap untuk pasien Covid-19. Rata-rata, jelasnya, penambahan yang dilakukan minimla 50 persen dari kapasitas rumah sakit.

“Selama ini yang sudah dilakukan pemerintah Kota Banjarmasin adalah dengan memanggil seluruh pimpinan rumah sakit, dan kita sepakat menambah kapasitas 50 persen dari kapasitas sumah sakit. Alhamdulillah seluruh rumah sakit sepakat, termasuk Rumah Sakit Sultan Suriansyah yang menambah 50 persen kapasitasnya,” ucapnya.

Ibnu Sina menambahkan, PPKM Level IV itu dilaksanakan atas dasar Instruksi Menteri dalam Negeri atau INMEN 23 tahun 2021 yang menyatakan di Luar Jawa dan Bali terdapat 43 kabupaten kota yang ditetapkan untuk melaksanakan PPKM Level IV.(admin)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *