Pameran UMKM Karya Kreatif Banua, Sinergi Besarkan UMKM Kalsel

  • Share
Pameran UMKM Banua / foto: adpim kalsel

wasakanews.com Banjarbaru – Dalam upaya mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) 2021, Bank Indonesia perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan bekerja sama dengan Pemprov Kalsel, dan Universitas Lambung Mangkurat (ULM), menggelar Pameran UMKM Karya Kreatif Banua, Jumat (18/6/2021) di Gedung Idham Chalid.

Pameran UMKM Karya Kreatif Banua juga merupakan wujud Sinergi dalam Besarkan UMKM Kalsel.

Penjabat Gubernur Kalsel, Safrizal ZA, mengatakan 98 persen perekonomian Indonesia didominasi oleh sektor UMKM.

Pemerintah harus mendorong kemajuan sektor usaha skala mikro sampai menengah tersebut.

Di samping itu, ia juga menyerukan upaya peningkatan kualitas dari sisi pelaku usaha.

“Maunya dari mikro naik ke kecil, dari kecil naik ke menengah, dari menengah naik ke besar. Perlu adanya upgrade atau peningkatan.” ujarnya.

Ditambahkan Safrizal, tugas pemerintahlah untuk memberikan dukungan yang nyata. Salah satunya dengan cara meningkatkan kualitas produk dan kemasan.

“Ayo kita bantu UMKM menaikkan kualitas. Ajari packaging yang rapi, unik, dan berkualitas, karena bahan baku juga tidak ada kurangnya di Indonesia,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalsel, Amanlison Sembiring, mengungkapkan tujuan kerjasama antara BI dengan ULM, untuk mendukung kegiatan mahasiswa dalam memberikan pendampingan pembukuan menggunakan SIAPIK (Sistem Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan).

“kadang UMKM kita pencatatannya belum terlalu baik, sehingga perlu kita bantu. ULM siap membantu melalui kerjasama dengan BI.” paparnya.

Dalam Pameran UMKM Karya Kreatif Banua ini, bernagai produk unggulan UMKM Banua ditampilkan, yaitu berupa kain sasirangan, kerajinan kayu, sampai batu khas Kalimantan.(admin)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *