79,51% Desa Di Kalsel Sudah Miliki BUMDes

  • Share

wasakanews.com Banjarmasin – Salah satu indikator keberhasilan program dana desa adalah adanya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang dikelola untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat desa.

Di Kalsel, sebanyak 79,51% dari seluruh desa sudah memiliki BumDes, atau sebanyak 1.482 BUMDes dari 1.864 desa yang tersebar di sebelas kabupaten.

“Dari 1.864 desa yang tersebar di sebelas kabupaten, sudah terbentuk 1.482 BUMDes atau 79,51% dari jumlah total desa di Kalsel”. ujar Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel Roy Rizali Anwar, pada Pembukaan BUMDesa Expo Kalsel 2021, di Atrium Duta Mall Banjarmasin pada Sabtu (26/6/2021).

Adanya BUMDes ini tmabha Roy, akan berdampak positif bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat desa.

“Ini terbukti dari pertumbuhan positif perekonomian masyarakat desa melalui pengelolaan BUMDes,” tambahnya.

Gelaran BUMDesa Expo Kalsel 2021, yang mengangkat tema “Penggerak Ekonomi Desa ini” memberikan penghargaan kepada pelaku BUMDes, agar terus aktif menjalankan BUMDes dengan performa yang lebih baik.

Adapun ke 6 BUMDes yang menerima penghargaan adalah, BUMDes Berkah Mulia, BUMDes Pesona Rejo Jaya, BUMDes Maju Jaya, BUMDes Usaha Kreatif Mandiri, BUMDes Karya Indah, dan BUMDes Maju Bersama.

Dalam BUMDes Expo 2021 ini, dipamerkan berbagai produk olahan baik itu makanan maupun kerajinan tangan dari berbagai desa di Kalsel.(admin)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *